Selasa, 01 Januari 2013

Cara Membuat Otak Anda Agar Bisa Berpikir Lebih Cepat


Otak adalah bagian tubuh yang amat vital. Tersusun dari sekitar 72-78% air, 10-12% protein dan 8-10% lemak. Merupakan pusat dari segala aktifitas. Berfungsi mengendalikan semua fungsi tubuh. Otak pada manusia mempunyai fungsi seperti halnya prosesor dalam komputer. Keduanya sama-sama menggunakan sinyal listrik untuk bekerja tetapi dengan cara yang berbeda. Dan sampai sekarang ini belum ada komputer yang lebih cerdas ketimbang otak manusia.
Otak manusia memiliki 1 triliun sel otak. Dari 1 triliun ini, 100 miliar adalah sel aktif dan 900 miliar sel otak pendukung. Dari 1 trilyun sel tadi setiap sel terhubung dengan paling sedikit 1000 sel lainnya maka di dalam otak kita paling sedikit ada 1.000.000.000.000.000 koneksi di antara sel-sel otak kita. Nah, dengan jumlah koneksi yang sebanyak itu tentu saja dengan menggunakan teknologi yang ada sekarang masih mustahil untuk membuat prosesor komputer yang memiliki konektivitas melebihinya.
Dapat dikatakan otak manusia masih lebih cerdas dari komputer. Meskipun, tentu saja komputer dapat mengalahkan dalam hal perhitungan matematis, analisis kuantitatif dan pertanyaan game show. Akan tetapi secara keseluruhan otak manusia masih lebih cerdas dibanding “otak” komputer saat ini. Otak manusia mampu menganalisis situasi baru dengan mengingat pengalaman masa lalu dan membuat kesimpulan tentang tantangan baru. Otak manusia juga dapat melakukan percobaan sampai mereka menemukan solusi. Sedangkan komputer masih membutuhkan sebuah perintah apa yang harus dilakukan.
cara membuat otak lebih cerdas
Image courtesy of Boaz Yiftach / FreeDigitalPhotos.net
Dengan potensi yang sedemikian besar anda bisa mengembangkan kemampuan otak anda agar bisa berpikir lebih cepat lagi dibanding yang sekarang. Nah, berikut adalah hal-hal yang bisa anda lakukan untuk membuat otak anda bisa berpikir lebih cepat.
1. Ambillah dosis EPA secukupnya
EPA adalah bahan kimia dalam minyak ikan yang merupakan makanan bagi otak. Jadi, penting bagi anda untuk membeli suplemen minyak ikan untuk memenuhi kebutuhan akan EPA. Riset menunjukan bahwa minyak ikan dapat memfasilitasi peningkatan aktivitas pada otak, memperlancar peredaran darah, meningkatkan memori dan konsentrasi.
2. Berhubungan suami istri secara teratur
Bagi pasangan suami istri sangat penting untuk melakukan ‘hubungan suami istri’ secara teratur karena dapat melepaskan senyawa kimia yang dapat meningkatkan kekuatan otak. ‘Hubungan suami istri’ adalah bentuk sempurna dari latihan yang juga meningkatkan peredaran darah ke otak. Ia dapat mengurangi stress dan ketegangan yang menurunkan efisiensi kinerja otak.
3. Kerjakan sebuah teka teki
Dengan bermain teka-teki, sudoku maupun permainan asah otak yang lainnya akan membuat otak anda tetap aktif. Dan itu akan membuat otak anda tetap tajam.
4. Pergi berjalan kaki
Dengan mengirup udara segar di pinggiran kota, dekat sungai atau sekedar di taman akan mampu menyegarkan pikiran anda dan membuatnya tetap jernih.
5. Mempelajari bahasa baru
Mempelajari bahasa baru dapat memperlambat sindrom dementia (kemunduran otak) sampai dengan empat tahun menurut artikel yang dimuat pada New Scientist.
6. Tertawa
Dengan tertawa akan dapat meningkatkan fungsi otak dan menstimulasi kedua sisi otak pada saat yang bersamaan. Jadi, perlu bagi anda yang ingin menjadi cerdas untuk tertawa setiap hari, tak perlu keras-keras secukupnya saja. Salah satunya dengan menonton video lucu yang dapat kita temukan di youtube.
7. Menjadi kreatifif
Melukislah atau pelajari alat musik yang baru, bergabunglah dengan kelas kesenian walaupun Anda yakin Anda payah dalam hal tersebut. Menjadi kreatif memungkinkan Anda untuk menemukan solusi baru untuk permasalahan yang sudah lama dan meningkatkan kesadaran pada saat yang bersamaan.
8. Belajar melempar barang
Riset dari Universitas Regensburg di Jerman memindai otak dari seorang juggler (pemain sulap yang melemparkan barang) dan menemukan bahwa kegiatan ini dapat meningkatkan struktur otak. Setelah berlatih selama tiga bulan, otak akan menunjukan peningkatan signifikan pada dua bagian, yaitu bagian mid-portal dan posterior intraprietal sulcus kiri.
9. Berhubungan dengan sifat keanak-anakan Anda
Einstein pernah berkata bahwa imajinasi lebih penting daripada pengetahuan dan ia menggunakannya pada beberapa eksperimen yang akhirnya membuatnya menemukan perhitungan paling terkenal sepanjang masa (E=MC2).
Cobalah lihat anak-anak, mereka penuh dengan imajinasi, dan mereka belajar lebih banyak pada tahun-tahun awal kehidupan mereka lebih daripada apa yang kita pelajari selama satu dekade. Bebaskan pikiran Anda dari penjara pikiran “seorang dewasa”, Anda akan menemukan cara berpikir yang belum pernah ada sebelumnya, Anda mungkin akan membuat penemuan besar yang berikutnya.
10. Cukup istirahat
Ketika orang beristirahat dan bermimpi, kenangan akan disaring, disimpan dan beberapa akan dibuang. Jika Anda tidak segar saat bangun tidur, maka Anda tidak akan dapat berkonsentrasi terhadap apa pun. Pada saat itulah, Anda berada di tingkat kecerdasan terendah saat merasa lelah. Oleh karena itu perlu untuk memperhatikan pola istirahat anda agar selalu mendapatkan waktu tidur yang cukup dan berkualitas pada malam hari.
11. Olahraga
Para ilmuwan mulai berpikir bahwa melakukan olahraga aerobik teratur dapat menjadi hal yang paling penting untuk menjaga kesehatan jangka panjang otak. Olahraga dapat meningkatkan stamina yang otomatis turut serta meningkatkan kecerdasan otak Anda. Jadi, penting bagi anda untuk melakukan olahraga secara rutin misalnya jogging tiap pagi atau sore hari. Jangan biarkan peralatan olahraga anda menganggur terlalu lama.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar