Kamis, 31 Januari 2013

Red Velvet :)




Bahan Red Velvet cake:
250 gram tepung terigu (diayak)
½ sendok teh garam
15 gram coklat bubuk
113 gram butter (tidak asin)
300 gram gula putih (diayak)
2 butir telur
1 sendok teh vanilla eksrak
240 ml buttermilk
2 sendok makan pewarna makanan merah
1 sendok teh cuka
1 sendok teh baking soda

Bahan cream cheese frosting
227 grams cream cheese
227 grams mascarpone cheese
1 sendok teh vanilla ekstrak
115 grams gula halus (diayak)
360 whipping cream dingin

Cara membuat
Panaskan oven sampai 175’C dan taruh rak di tengah oven. Lalu oleskan mentega pada dua buah Loyang kue bundar, kira-kira berdiameter 23cm, dan tataki dengan kertas alumunium. Masukkan loyang ke tengah oven, diamkan.
Di mangkuk yang terpisah, aduk tepung terigu, garam dan coklat bubuk. Bila sudah tercampur rata disisihkan
Setelah itu, siapkan mangkuk mixer elektrik dan kocok mentega selama 1-2 menit sampai halus. Tambahkan gula dan kocok selama 2-3 menit sampai mentega menjadi halus. Bila sudah, masukkan telur satu persatu sambil tetap dikocok sampai telur tercampur dengan semua adonan, jangan lupa tambahkan vanilla ekstrak ke dalam adonan.
Ambil cup ukur untuk mencampurkan buttermilk dab pewarna merah hingga warna tercampur rata. Lalu, masukkan secara bergantian antara campuran tepung yang tadi anda sisihkan dengan buttermilk yang berwarna merah ke dalam mixer elektrik dengan kecepatan rendah. Pastikan anda memasukkan secara benar antara tepung, buttermilk dan tepung.
Siapkan pula mangkuk kecil untuk mencampurkan cuka apel dan baking soda, tunggu sampai tercampur rata dan masukkan kedalam adonana cake tadi.
Dengan cepat, bagi adonan adonan ke dua loyang cake bulat yang sudah dimasukkan ke dalam oven tadi.  Lalu panggang selama 25-30 menit.  Kemudian dinginkan cake yang sudah matang selama 10 menit dan keluarkan dari loyang sampai benar – benar dingin.  Setelah itu bungkus dengan plastik dan simpan cake ke dalam kulkas selama satu jam atau semalam, hal ini untuk memudahkan mengisi dan menghias dengan frosting nantinya. 

Cream cheese frosting
Di dalam mangkuk mixer atau dengan tangan, kocok cream cheese dan keju mascarpone sampai halus. Setelah itu, tambahkan vanilla dan gula halus lalu kocok sampai lembut. Siapkan spatula dan secara bergantian masukkan heavy cream dan whip cream sampai adonan frosting cukup tebal.

Finishing
Dengan menggunakan pisau kue, potonglah cake yang sudah didinginkan menjadi dua bagian secara horizontal. Bila sudah, kini anda akan mempunyai 4 layer cake, sekarang susunlah 4 layer cake tersebut. Susunan pertama diolesi dengan frosting lalu timpa dengan layer berikutnya dan seterusnya sampai layer paling atas. Olesi bagian paling atas sampai ke samping dengan frosting.  Setelah itu, anda dapat menghias atau menambahkan toping untuk mempercantik cake sesuai selera anda.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar