Kamis, 11 April 2013

Semangka untuk Jantung

Semangka bukan hanya enak dikonsumsi saat Anda sedang haus, karena rasanya yang manis dan kandungan airnya yang tinggi, tetapi juga karena nutrisinya yang berlimpah. Mengonsumsi semangka bahkan bisa menurunkan tekanan darah dan melindungi Anda dari pra hipertensi yang bisa menyebabkan penyakit jantung, demikian menurut para peneliti.

Buah ini terbukti kaya akan senyawa yang mampu melebarkan pembuluh darah dan bisa mengurangi risiko serangan jantung dan stroke. Dalam penelitian yang dilakukan para ilmuwan, asam amino yang ditemukan pada semangka memperbaiki performa arteri, dan menurunkan tekanan darah pada satu dari setiap sembilan penderita pra hipertensi.

Anda mungkin bisa saja mengonsumsi L-arginine, asam amino yang penting untuk memelihara tekanan darah yang sehat, sebagai suplemen. Namun suplemen ini bagi sebagian orang dewasa memiliki efek buruk seperti mual, sakit perut, dan diare.

Sebaliknya, para peneliti tidak menemukan efek buruk dari responden yang mengonsumsi semangka. Buah ini bahkan menyimpan nutrisi lain seperti vitamin A, B6, C, serat, potasium, dan likopen, salah satu jenis antioksidan yang kuat.

"Melihat bukti-bukti yang dihasilkan dari studi awal ini, kami berharap untuk melanjutkan penelitian dengan meraih kelompok partisipan yang lebih luas," ungkap Dr Arturo Figueroa, dari Florida State University, yang memimpin studi ini.

Penyakit tekanan darah tinggi memengaruhi lebih dari 16 juta pria dan wanita di Inggris. Penyakit ini meningkatkan risiko serangan jantung atau stroke dua kali lipatnya, dan mengakibatkan lebih dari 60.000 kematian setiap tahunnya.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar