Kamis, 18 April 2013

Surat Lolos Butuh TTK

Sepertinya semakin banyak saja teman teman Tenaga Teknis Kefarmasian yang menanyakan, “bagaimana caranya kalau saya pindah kota, apakah bisa saya membuat STRTTK ditempat kerja sekarang?”. Bagi teman-teman TTK yang sudah mengerti pasti akan menjawab bisa dengan syarat telah memiliki surat lolos butuh. Nah sebagai gambaran seperti apa sih surat tersebut, saya akan berikan contohnya dalam artikel kali ini.
Sebagaimana diketahui bahwa surat lolos butuh diperlukan ketika seorang TTK hendak memperpanjang perizinan, dimana lokasi tempat ia bekerja sekarang berbeda propinsi dengan lokasi tempat ia memperoleh perizinan sebelumnya. Contoh kasusnya adalah saya yang sekolah di Kalimantan Selatan, yang kemudian setelah lulus saya kembali ke daerah saya di Kalimantan Timur. Sebagaimana diatur dalam peraturan yang berlaku waktu itu, pihak sekolah berkewajiban untuk mengurus perizinan saya sebagai Asisten Apoteker. Dengan demikian tentu Izin yang saya miliki berdomisili sama dengan sekolah, yaitu Kalimantan Selatan. Sebagai catatan, Izin yang saya miliki waktu itu adalah SIK dari Dirjen Binfar Depkes. Tapi saya tidak perlu membahas mengenai perizinan lama tersebut dalam artikel ini. Agar mudah dimengerti, anggap saja yang saya dapat adalah Surat Izin Asisten Apoteker.
Kembali ke pokok permasalahan artikel ini dengan izin berdomisili Kalimantan Selatan, saya yang karena sudah lulus kembali ke Kalimantan Timur untuk bekerja. Nah dimasa peralihan ini, saya masih bisa bekerja dengan menggunakan SIAA. Hal ini dikarenakan SIAA sifatnya nasional. Jadi diwilayah indonesia manapun saya bekerja, SIAA saya tetap bisa digunakan selama masih berlaku. Permasalahannya ialah bagaimana bila sudah tidak berlaku? Jawabannya bisa dengan memperpanjang ditempat pembuatan SIAA saya dulu, yaitu Kalimantan Selatan. Namun walau masa berlaku SIAA ini 5 tahun, tetap aja terasa berat ke Kalsel hanya untuk memperpanjang izin saja. Belum lagi apabila ada sesuatu hal yang tidak diinginkan terjadi, semisal ketinggalan berkas, dll. Karena alasan tersebut maka timbul pertanyaan kan, apakah bisa membuat izin di tempat kerja saya sekarang, yaitu Kalimantan Timur. Jawabannya ya seperti diawal artikel ini. Bisa, asalkan telah memperoleh surat lolos butuh.
Dari tulisan sebelumnya kita telah mengetahui alasan sebenarnya seseorang memerlukan surat lolos butuh. Sekarang pertanyaannya bagaimana cara memperolehnya. Surat lolos butuh ini diperoleh dengan mengajukan permohonan ke Dinas Kesehatan Propinsi tempat izin lama kita tersebut dibuat. Dalam contoh kasus saya, teman saya Dewi Juniarti secara kolektif membuat permohonan untuk saya dan teman-teman seangkatan yang akan berpindah ke Kaltim, ke Dinas Kesehatan Propinsi Kalimantan Selatan. Untuk surat permohonannya silahkan minta ke Dinkes Propinsi Setempat, yang didalamnya nanti akan disebut mengenai persyaratan pelengkap surat permohonan tersebut. Setelah diajukan dan diproses, maka didapatlah surat lolos butuh yang merupakan syarat pelengkap untuk membuat surat izin baru di Dinas Kesehatan Propinsi tempat kita bekerja. Dengan demikian selesai sudahlah permasalahan mengenai bagaimana cara membuat izin bila kita pindah kota/propinsi. Berikut saya beri contoh surat lolos butuh yang saya peroleh berkat teman baik saya DJ.
Surat Lolos Butuh TTK
Surat Lolos Butuh TTK

PEMERINTAH PROPINSI KALIMANTAN SELATAN
DINAS KESEHATAN
Jalan Belitung Darat No. 118
Telepon : (0511) 54443 – 64646 – 361876
Banjarmasin 70116


Nomor : 442.1/(sekian) – FM/Dinkes 13 Agustus (sekian)
Lampiran : Lolos Butuh
a.n. Dhony Pratama
Kepada Yth
Kepala Dinas Kesehatan
Propinsi Kalimantan Timur
Di – Samarinda

Memperhatikan surat permohonan saudara Dewi Juniarti, tanggal (sekian) perihal permohonan lolos butuh, dengan ini kami sampaikan sebagai berikut:
Nama : Dhony Pratama
Nomor Induk : (sekian)
Tempat/ Tanggal Lahir : Samarinda, (sekian)
Lulusan : SMF – ISFI Banjarmasin
Tanggal (sekian)
Pada prinsipnya kami dapat menyetujui permohonan lolos butuh tersebut dalam rangka melaksanakan tugas di Propinsi Kalimantan Timur terhitung mulai tanggal dikeluarkannya surat ini.
Demikian, atas perhatian dan kerjasama Kepala Dinas Kesehatan kami ucapkan terima kasih.

Kepala Dinas Kesehatan
Propinsi Kalimantan Selatan



Dr. H. Zarullah Ashar, Msc
Pembina Utama Muda
Nip. (sekia)

Tembusan Yth,
  1. Kepala Biro Kepegawaian Setjen Depkes RI
  2. Kepala SMF – ISFI Banjarmasin
  3. Yang bersangkutan
  4. Arsip

1 komentar:

  1. Nanti didinas kesehatan Tempat daerah sekolah kita dimintain apa aja ?? Saya Juga di suruh buat Surat lolos butuh Di apotek saya bekerja. Saya lulusan sekolah farmasi di Jakarta timur tetapi saya bekerja di Depok jawa barat.. mohon bantu

    BalasHapus